SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

Kecamatan Mantingan Gelar Pelatihan Aplikasi Srigati

03 Agustus 2022 17:27:25  Harno wo  314 Kali Dibaca  Berita

Karanggupito.desa.id-Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengadakan pelatihan di Kecamatan Mantingan Rabu (3/8/22). 

Pelatihan kali ini dilaksanakan di Pendopo Kantor Kecamatan Mantingan dalam rangka meningkatkan kapasitas administrator dan operator Sistem Informasi Desa Terintegrasi (Srigati) untuk desa di kecamatan Mantingan dan Karanganyar.

Hadir pada kesempatan kali ini Camat Mantingan, administrator dan operator Srigati dari desa di Kecamatan Mantingan dan Karanganyar, staf Diskominfo Kabupaten Ngawi serta personil Forum Operator Website Desa (Forwebsa).

Pada sambutannya, Camat Mantingan menekankan bahwa aplikasi Srigati merupakan kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan lagi saat era modern seperti saat ini. Srigati akan menjadi aplikasi program desa berbasis data, publikasi informasi hingga pelayanan secara digital.

"Kita harapkan rekan-rekan operator Srigati segera mengupdate data agar pelaksanaan pelayanan di desa segera berubah dari manual ke digital. Dengan layanan digital inilah kemudahan akan didapat baik dari sisi operator maupun masyarakat," terang David Camat Mantingan.

Sementara, Diskominfo Kabupaten Ngawi melalui stafnya menyampaikan siap untuk menyajikan kebutuhan aplikasi maupun backup software aplikasi Srigati. Ia juga menyampaikan bila ada hal-hal yang tidak berjalan semestinya pada aplikasi Srigati, segera untuk menghubungi Diskominfo.

"Tugas kami dari Dinas Kominfo adalah menyiapkan kebutuhan aplikasi untuk Desa digital. Kemudian kami juga menjaga agar aplikasi tetap berfungsi sebagaimana semestinya. Dan bilamana ada hal-hal yang tidak berjalan seperti semestinya pada aplikasi Srigati, silakan hubungi kami," terang Yudha dari Diskominfo Kabupaten Ngawi.

Untuk materi pelatihan, disampaikan narasumber dari Forwebsa meliputi pengubahan tampilan, input data hingga layanan surat secara digital. Selain diberikan materi, peserta juga didampingi dalam praktek pengoperasian aplikasi Srigati secara langsung.

"Ada banyak fitur di dalam aplikasi sigati. Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana mengubah tampilan agar sesuai dengan desa masing-masing, kemudian menginput data untuk layanan mandiri dan membuat berita untuk informasi publik," terang Arys Purwadi  narasumber Forwebsa.

Selanjutnya, narasumber menyampaikan bila materi kali ini belum sepenuhnya untuk pengelolaan aplikasi Srigati. Untuk materi berikutnya akan disampaikan melalui grup yang dibentuk di masing-masing kecamatan, mengingat keterbatasan waktu dalam pelatihan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

04 Januari 2023 | 6.673 Kali
SEJARAH PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia )
26 April 2023 | 1.514 Kali
Argo Munung Semakin Mempesona
15 Desember 2022 | 1.424 Kali
Pemasangan Kerun Sebagai Bentuk Pelestarian Adat Budaya Jawa Menjelang Pernikahan
29 Juli 2013 | 1.399 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 989 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
29 Juli 2013 | 874 Kali
Profil Desa
14 Desember 2022 | 743 Kali
Daftar Partai Politik Yang Lolos di Pemilu 2024

 Media Sosial

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com