SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

PASCA MELONGGARNYA ATURAN PPKM , BANYAK WARGA GELAR HAJATAN

01 November 2022 19:14:10  Harno wo  311 Kali Dibaca  Berita

karanggupito.desa.id- Setelah adanya pelonggaran aturan PPKM  pandemi Covid 19 ,  dimana-mana baik di desa atau kota marak diadakan acara hajatan salah satunya resepsi pernikahan . seperti di desa Karanggupito kecamatan Kendal kabupaten Ngawi , tepatnya di dusun Wonokerto Rt 03 Rw 03 salah satu warga  menggelar hajatan Minggu 30/10. Hal ini dikarenakan setelah aturan PPKM selama pandemi di larang gelar hajatan.

Memamang Indonesia dikenal memiliki beragam jenis budaya. Dalam proses pernikahan sekali pun juga ada berbagai macam budaya dan upacara adat. Salah satu upacara adat yang banyak digunakan adalah pernikahan adat Jawa. Rangkaian prosesi adat yang sudah diturunkan secara turun temurun ini memiliki beragam makna di balik setiap prosesinya.

Rangkaian prosesi adat Jawa ini juga umumnya dilakukan secara urut mengikuti rangkaian tata caranya. Rangkaian tata cara upacara pernikahan adat Jawa terbagi menjadi dua prosesi besar yaitu prosesi hajatan dan prosesi panggih. Kedua prosesi ini masing-masing memiliki sub-prosesi yang berisikan rangkaian ritual adat dengan penuh makna.

Adapaun rangkaian acara hajatan di desa Karanggupito yang masih berlaku adalaha tradisi Pasang Tarub . Tarub merupakan hiasan dari daun kelapa muda atau janur yang dipasang di depan rumah. Sedangkan, tratag bambu adalah dekorasi tenda yang berada di teras rumah .  Pemasangan tarub dan tratag ini dilakukan oleh sodara dan tetangga yang dilakukan sebelum acara hajatan di mulai .

Trimo salah satu warga yang menggelar hajatan menuturkan ." Terimakasih kami sampaikan pada tetangga dan sodara yang telah membantu acara hajatan pernikahan anak kami ." ucap Trimo.

Rankainan tersebut merupakan salah satu tanda  keluarga tengah mengadakan acara hajatan mantu. Selain itu juga terdapat janur kuning melengkung sebagai pengharapan kemakmuran dan berkah bagi kedua mempelai. Di mana seperti meminta cahaya kepada Yang Maha Kuasa. Biasanya tarub dan tratag akan dipanjang sebagai hiasan pintu masuk.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Arsip Artikel

04 Januari 2023 | 8.262 Kali
SEJARAH PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia )
15 Desember 2022 | 2.168 Kali
Pemasangan Kerun Sebagai Bentuk Pelestarian Adat Budaya Jawa Menjelang Pernikahan
26 April 2023 | 2.017 Kali
Argo Munung Semakin Mempesona
29 Juli 2013 | 1.527 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 1.258 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
09 Agustus 2022 | 1.241 Kali
Budaya Adat Toto Suro Desa Karanggupito Tahun 2022
29 Juli 2013 | 1.042 Kali
Profil Desa

 Media Sosial

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com