SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

Laporan Realisasi APBD , ( LPPD ) , ( LKPPD ) Desa Karanggupito 2022

11 Januari 2023 16:19:14  Harno wo  78 Kali Dibaca  Berita

karanggupito.desa.id-Desa Karanggupito mengadakan acara Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa , Penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa ( LPPD ) , Serta Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa ( LKPPD ). Pada hari ini 11/01 di gedung pertemuan Desa karanggupito .  Laporan realisasi  anggaran pendapatan dan belanja desa tahun 2022 tersebut diumumkan secara transparan pada publik, khususnya warga desa setempat.

Hadir dalam acara tersebut Camat Kendal Sofyan Ahmadi , Kasi Pemerintahan Kecamatan Masjidin , Bhabinkamtibmas , Babinsa , Kepala Desa Karanggupito Bambang Suryo S.SE,MM , Ketua BPD Bambang H beserta anggota ,Ketua Rt sedesa Karanggupito, Kader Posyandu , Ketua TP PKK desa , Karangtaruna Desa , serta Tokoh Masyrakat .  

Dalam sambutanya Kades bambang mengatakan “ Laporan Realisasi APBD ini kami gelar untuk menghindari terjadinya penyelewengan dana, kecurigaan publik, dan supaya pembangunan di desa dapat berlangsung secara kondusif,’’ kata Bambang Surya Saputro kepala desa Karanggupito.

Menurutnya tidak semua desa mendapat kucuran dana yang sama dari Pemerintah pusat sehingga diharapkan warga mengerti dan tidak berfikir bahwa dana yang diberikan sama. Ada desa mendapatkan dana Rp 1 miliar, semua tergantung luas wilayah dan jumlah penduduk. Ada yang mendapatkan dana di bawah Rp 1 miliar. Namun berapapun jumlah dana yang didapatkan harus dipergunakan untuk pembangunan masyarakat. “Dana desa pada intinya dipergunakan untuk kesejahteraan warga, mendorong pembangunan infrastruktur, perekonomian warga dan jenis pemberdayaan lainnya. Transparansi mutlak dilakukan pemerintah desa agar kepercayaan publik dan warga akan penggunaan dana desa menguat,” ujarnya

Dia menambahkan dalam pembangunan desa ada yang dinamakan rencana kerja pembangunan desa (RKPD) yang diprogramkan selama satu tahun, dan ada rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMD) yang memakan waktu hingga enam tahun. “Saya ingin warga mengerti tentang program yang ada di desa sehingga tidak terjadi saling curiga. Karena kami sudah transparan,” tuturnya.

Tatap muka ini juga dilakukan agar para aparat pemerintah desa dan Sumber Daya Manusia (SDM) desa bisa mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sebaik mungkin sesuai prosedur yang ada. Sehingga pembangunan desa yang selama ini tersendat karena minimnya anggaran akan terlaksana tahun depan dengan tambahan dana yang dikucurkan pemerintah. “Di desa kami belum semua jalan mulus, masih ada yang perlu diperbaiki,” tuturnya.

Dalam sambutanya Camat Kendal mengatakan bahwa desa Karanggupito merupakan Pilot Projek Desa di Kecamatan kendal . saya atas nama Bupati ngawi sangat mengapresiasi kepada Desa Karanggupito yang selalu melaporkan Realisasi APBD nya . ucap Camat.

Camat Kendal juga menjelaskan bahwa para kades ditekankan penggunaan dana desa tidak bisa dilakukan dengan main-main, ini harus betul-betul dilakukan dengan hati-hati dan tanggung jawab yang tinggi. Sesuai peraturan menteri desa prioritas dana desa adalah untuk membangun infrastruktur desa. Maka dari itu sosialisasi itu sangat penting dilakukan dengan tatap muka,’’ jelasnya.

Dalam acara tersebut ketua BPD Bambang H mengatakan bahwa semua anggaran desa Karanggupito Tahun 2022 semua telah terealisasi dan semua anggota saya mengatakan SETUJU. Ucap ketua BPD.

Setelah sambutan dari ketua BPD acara dilanjutkan Penandatanganan berita Acara dan penyerahan hasil Laporan relalisasi tersebut kepada Camat kendal dan ketua BPD oleh kepala Desa Karanggupito. ( Harno Wo )

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 513 Kali
Kontak Kami
29 Juli 2013 | 386 Kali
Profil Desa
26 Agustus 2016 | 382 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
07 November 2014 | 311 Kali
Nama- Nama Kepala Desa Karanggupito Dari masa Ke masa
30 Mei 2022 | 288 Kali
Penilaian Lomba Desa Siaga , Peran Desa dalam Pembangunan Desa Sehat Tahun 2022
26 Agustus 2016 | 279 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 275 Kali
Pemerintah Desa Karanggupito

Info Media Sosial

Agenda

Sinergi Program

Komentar Terbaru

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com