SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

Aplikasi (Srigati) berada posisi atas dibanding aplikasi lain di Kab Ngawi

14 Juli 2022 22:51:43  Harno wo  347 Kali Dibaca  Berita

Karanggupito.desa.id-Aplikasi Srigati yang di launching Bupati Ngawi pada Rabu (2/2/22) lalu mengalami perkembangan signifikan. Perkembangan tersebut terungkap pada Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Ngawi Tahun 2022 di Kurnia Convention Hall Jalan Ringroad Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Dalam Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City (11-12/6/22), narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan level atau tingkatan aplikasi, didasarkan pada beberapa indikator. Untuk aplikasi Sistem Infrormasi Desa Terintegrasi (Srigati) berada posisi atas dibanding aplikasi lain di Kabupaten Ngawi.

"Ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam penilaian aplikasi, berdasarkan fase dari 1 sampai 5. Dan untuk smart city, semua harus terpenuhi," terang Dra. Andrari Grahitandaru, M.Sc sebagai narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Keberadaan Aplikasi Srigati dibangun atas kolaborasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi untuk memenuhi kebutuhan desa. 

"Sejak berdirinya Forwebsa, kami berkomitmen untuk menyegerakan sistem pemerintahan desa berbasis digital. Jadi, aplikasi Srigati inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai sarana untuk memfasilitasi masyarakat dengan pemerintah dalam berbagai program," terang Arbangi Ketua Forwebsa Kabupaten Ngawi.

Lanjutnya, Arbangi optimis bila Srigati akan menjadi primadona di Kabupaten Ngawi sebagai aplikasi solusi untuk sistem pemerintahan desa. Keyakinan itu didasarkan pada kelengkapan fitur-fitur yang mampu memenuhi kebutuhan desa dan manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat.

"Apa yang dibutuhkan desa dalam pengelolaan administrasi ada di Aplikasi Srigati. Dan masyarakat juga bisa langsung berpartisipasi dengan menggunakannya untuk layanan mandiri. Saya kira aplikasi Srigati akan menjadi primadona untuk pemerintahan desa," lanjut Arbangi.

Untuk saat ini, Aplikasi Srigati masuk fase pemenuhan data untuk pelayanan dan penyimpanan data-data administrasi. Dalam upaya terwujudnya sistem digital di desa secara merata, Forwebsa bersama Diskominfo dan DPMD akan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas operator Srigati terhitung mulai 20 Juli 2022.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Arsip Artikel

04 Januari 2023 | 7.656 Kali
SEJARAH PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia )
15 Desember 2022 | 1.892 Kali
Pemasangan Kerun Sebagai Bentuk Pelestarian Adat Budaya Jawa Menjelang Pernikahan
26 April 2023 | 1.831 Kali
Argo Munung Semakin Mempesona
29 Juli 2013 | 1.477 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 1.189 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
29 Juli 2013 | 985 Kali
Profil Desa
09 Agustus 2022 | 951 Kali
Budaya Adat Toto Suro Desa Karanggupito Tahun 2022

 Media Sosial

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com