SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

DPMD KAB NGAWI GELAR BIMTEK OPEN SID SRIGATI

18 Mei 2022 10:05:30  Harno wo  358 Kali Dibaca  Berita

Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melakukan fasilitasi penyelenggaraan administrasi pemerintah desa melalui Aplikasi Srigati. Kegiatan dijadwalkan selama 4 hari mulai 16-20 Mei 2022  bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Ngawi.

Hadir pada kegiatan Selasa (16/5), Kepala Dinas DPMD bersama staf, Kepala Bidang Ekosistem Government Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi, peserta dari perwakilan seluruh desa yang ada di Kabupaten Ngawi dan nara sumber.

"Aplikasi Srigati akan menjadi penampung data dan saran informasi ke masyarakat. Tidak itu saja, ke depan akan terus dikembangkan sebagai basis data untuk setiap perencanaan pembangunan desa dan pelayanan," terang Kabul Tunggul Winarto Kepala DPMD Kabupaten Ngawi.

Dalam pembekalan pengetahuan terkait dengan pengelolaan Aplikasi Srigati, DPMD Kabupaten Ngawi menghadirkan narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ngawi guna menambah wawasan operator di bidang jurnalistik.

"Media desa menjadi alternatif informasi benefit atau keuntungan bagi sosialisasi potensi-potensi desanya. Jadi keberadaan aplikasi Srigati merupakan sarana yang sangat membantu di era digital ini," terang Kundari Pri Susanti Ketua PWI Kabupaten Ngawi.

Dalam agenda fasilitasi ini juga menghadirkan staf dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ngawi. Pada penyampainya, Disdukcapil sudah tidak bisa lagi mengeluarkan data kependudukan dikarenakan regulasi dari Kemendagri.

"Kemudian kita tidak memiliki kewenangan terkait dengan pengeluaran data penduduk, jadi hanya sebatas pelayanan." terang Didik staf Disdukcapil Kabupaten Ngawi.

Selain soal kewenangan batasan-batasan terhadap data, Didik menyampaikan bila ke depan akan diberlakukan KTP digital. Data-data yang saat ini ada dalam kartu KTP akan dirubah dalam bentuk digital yang tersimpan dalam smartphone.

"Ke depan KTP akan dalam bentuk digital, jadi data-data bisa melalui smartphone. Dan nantinya transaksi data kependudukan juga akan berubah," lanjut Didik.

Hari pertama fasilitasi juga dilakukan pengenalan teknik menjalankan Aplikasi Srigati. Fitur-fitur yang ada di dalamnya disampaikan pemateri secara detail. Namun untuk  memahami lebih jauh Aplikasi Srigati, DPMD maupun Diskominfo akan melakukan pelatihan khusus.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

04 Januari 2023 | 7.134 Kali
SEJARAH PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia )
26 April 2023 | 1.642 Kali
Argo Munung Semakin Mempesona
15 Desember 2022 | 1.619 Kali
Pemasangan Kerun Sebagai Bentuk Pelestarian Adat Budaya Jawa Menjelang Pernikahan
29 Juli 2013 | 1.429 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 1.084 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
29 Juli 2013 | 915 Kali
Profil Desa
09 Agustus 2022 | 797 Kali
Budaya Adat Toto Suro Desa Karanggupito Tahun 2022

 Media Sosial

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com