SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

DINAS KOPRASI UKM KABUPATEN NGAWI GELAR PELATIHAN OLAHAN NON MAKANAN PEMBUATAN KOKEDAMA

14 Oktober 2022 22:11:07  Harno wo  413 Kali Dibaca  Berita

karanggupito.desa.id-Pemerintah Desa Karanggupito Kecamatan Kendal Kab Ngawi melakukan pelatihan pembuatan tanaman hias Kokedama, bersama Dinas Koperasi kabupaten Ngawi. Pelatihan ini dilakukan dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa Karanggupito. Pelatihan pembuatan tanaman hias Kokedama dilaksanakan di gedung PKK Desa Karanggupito pada tanggal 13-14 Oktober 2022 . yang di ikuti oleh Ibu Ibu PKK Desa karanggupito dan perwakilan dari Karangtaruna Desa serta Sebagian Perangkat Desa .

Tujuan diadakannya pelatihan ini agar masyarakat Desa Karanggupito dapat memanfaatkan limbah sabut kelapa yang selama ini terbuang percuma. Pemanfaatan sabut kelapa sendiri bisa dilakukan sebagai tempat media tanam tanaman hias Kokedama. Sabut kelapa di Desa Karanggupito belum terlalu optimal untuk dimanfaatkan, pemanfaatan hanya sebatas untuk bahan bakar tungku, sehingga tidak menghasilkan karya nilai Jual.

Dari diadakannya pelatihan ini di harapkan bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat , yang awalnya sabut kelapa yang tidak termanfaatkan secara maksimal. Pelatihan pembuatan kokedama dilakukan secara langsung di depan peserta undangan dan perangkat desa selama dua hari.Tanaman yang telah dibuat oleh Peserta dapat dibawa pulang sebagai buah hasil karyanya sendiri dalam mengikuti pelatihan .

Dinas koperasi yang menggandeng Omah santri Sebagai Nara Sumber mencoba memberikan pengetahuan dan pelatihan untuk memanfaatkan limbah sabut kelapa menjadi media tanam tanaman hias Kokedama.

Kepala Desa Karanggupito mengatakan,
“Pelatihan ini bisa dimanfaatkan oleh peserta pelatihan sebagai pengembangan UMKM, dan bisa menambah hasil potensi Desa yang semula hanya berfokus pada pertanian dan perkebunan”, Terangnya..

Dalam waktu Yang sama Nita  Mengatakan  “semoga dengan diadakannya pelatihan ini, masyarakat Desa Karanggupito mendapat memanfaat dari pengenalan hingga pelatihan pembuatan tanaman hias Kokedama. Dan dengan memanfaatkan limbah dari sabut kelapa yang sebelumnya tidak memiliki harga jual menjadi nilai jual “. Pungkas Nita.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

04 Januari 2023 | 6.651 Kali
SEJARAH PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia )
26 April 2023 | 1.513 Kali
Argo Munung Semakin Mempesona
15 Desember 2022 | 1.420 Kali
Pemasangan Kerun Sebagai Bentuk Pelestarian Adat Budaya Jawa Menjelang Pernikahan
29 Juli 2013 | 1.399 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 989 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
29 Juli 2013 | 872 Kali
Profil Desa
14 Desember 2022 | 742 Kali
Daftar Partai Politik Yang Lolos di Pemilu 2024

 Media Sosial

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com