SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

PERINGATI HARI SANTRI PEMDES KARANGGUPITO GELAR UPACARA HARI SANTRI 2023

22 Oktober 2023 11:41:59  Harno wo  138 Kali Dibaca  Berita

Karanggupito.desa.id-Pemdes Karangggupito bersama YPI Al Hidayah  menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober. Kegiatan tersebut dilaksanakan di YPI Al Hidayah Dusun malang  pukul 08.00 WIB pada Sabtu (22/10/2023) pagi. Hari Santri Nasional telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Dengan adanya penetapan Keppres yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo diharapkan dapat menjadi pendorong untuk seluruh umat islam di Indonesia menanamkan komitmen berbangsa dan bernegara. Salah satunya, dari Pengurus Pondok Pesantren Al Hidayah Desa Karanggupito  yang mengapresiasi acara Hari Santri Nasional 2023 ini.

Kepala Desa Karanggupito Bambang suryo S selaku Pembina Upacara Menuturkan , “Kami atas nama Pemdes Desa Karanggupito sangat mengapresiasi, Untuk acara upacara Hari Santri Nasional 2023 ini. Berharap dengan acara Hari Santri Nasional ini membekali juga untuk seluruh Pondok Pesantren Al –Hidayah dan seluruh santri di Desa karanggupito , agar mereka (santri) bisa menjadi persatuan dan kesatuan," ucapnya.

Dia juga mengatakan, Yayasan ini adalah yayasan satu satunya yang ada di desa karanggupito mari semua kita dukung sepenuhnya akan kemajuan yayasan Al-Hidayah dalam bidang pendidikan agama. dia berpesan agar para santri tetap semangat berjuang belajar ilmu agama dan memegang prinsip Man Jadda Wajada. Dan  sungguh-sungguh dalam mengkaji setiap disiplin ilmu,”

Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" memberi pesan bahwa peringatan Hari Santri 2023 akan dirayakan secara semangat dan kegiatan ini juga didedikasikan untuk para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan. Selain itu, tema tersebut juga mencerminkan keberadaan santri yang akan selalu dicatat dalam sejarah setiap fase perjalanan indonesia. Hal ini dikarenakan adanya momen penting yang melandasi lahirnya hari santri. Salah satunya ialah saat Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy'ri mendeklarasikan resolusi jihad yang mewajibkan seluruh umat Islam melawan penjajah. Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy'ari adalah seorang ulama besar dan dikemudian hari dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Selain Upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun ini YPI Al hidayah juga menggelar pawai Taaruf yang di ikuti seluruh madin di desa karanggupito serta menampilkan kesenian Lokal berupa seni Reog Krido Budoyo. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Arsip Artikel

04 Januari 2023 | 8.262 Kali
SEJARAH PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia )
15 Desember 2022 | 2.168 Kali
Pemasangan Kerun Sebagai Bentuk Pelestarian Adat Budaya Jawa Menjelang Pernikahan
26 April 2023 | 2.017 Kali
Argo Munung Semakin Mempesona
29 Juli 2013 | 1.527 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 1.258 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
09 Agustus 2022 | 1.241 Kali
Budaya Adat Toto Suro Desa Karanggupito Tahun 2022
29 Juli 2013 | 1.042 Kali
Profil Desa

 Media Sosial

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com