SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

PEMDES KARANGGUPITO GELAR PELATIHAN TANGGAP DARURAT BENCANA

15 November 2022 22:28:22  Harno wo  238 Kali Dibaca  Berita

Karanggupito.desa.id-  Pada hari Senin-Selasa 14-15 November 2022 Pemdes Karanggupito melaksanakan Pelatihan Penanggulangan  Tanggap Darurat Bencana di Kantor Desa. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Pemdes Karanggupito  melibatkan peran BPBD Kabupaten Ngawi , POL PP Kab Ngawi , Dinas Kebakaran Kab Ngawi , Serta Relawan Desa Karanggupito ( DESTANA ) . Berdasarkan Peta Daerah Rawan Bencana Kabupaten Ngawi  Desa Karanggupito  secara administratif termasuk di Daerah Risiko Bencana Alam .

Hampir 100 Relawan yang tergabung dalam relawan Desa Tanggap Bencana ( DESTANA ) menjadi peserta dalam pelatihan tersebut. Pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Karanggupito Bambang Suryo s,SE.MM , Broto Sanjaya S.STP, MM Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Kab Ngawi , Camat Kendal , Sofyan Ahmadi , Kapolsek Kendal Iptu Jaenuri , Danramil Kendal ,Babinsa dan Bhabinkamtibmas , dinas kebakaran Kab Ngawi Serta Perangkat Desa Karanggupito.

Dalam sambutanya Kepala Desa Karanggupito menuturkan  “ Kita sebagai masyarakat Pedesaan wajib meningkatkan kewaspadaan dan melatih diri terutama ketika kita sadar bahwa kita hidup didaerah rawan bencana, diharapkan dengan adanya pelatihan ini seluruh warga masyarakat melalui Relawan Desa memiliki sikap yang tanggap dan paham akan peranan masing masing ketika terjadi bencana” Tutur Kades.

.Kegiatan tersebut dimulai dengan materi tentang pengenalan potensi bencana serta penangulanganya . adapun materi penanggulangan bencana dan tanggap darurat anatara lain : bencana banjir, gempa dan kebakaran. Kemudian dilanjutkan dengan briefing terkait simulasi tersebut dipandu langsung oleh BPBD Kab Ngawi .

Dalam prakteknya Broto Sanjoyo menjelaskan pada Relawan tentang pengenalan alat pelindung diri (APD ) , setelah itu dilanjutkan bagaimana cara menolong korban baik korban luka atau meninggal dunia . ditempat yang sama juga dari dinas Kebakaran Kab Ngawi juga memberi simulasi cara mengatasi kebakaran , dimana peserta langsung mempraktekan bagaimana cara memadamkan api baik dengan kain basah atau mengunakan alat pemadam api ringan ( APAR).

Di penghujung acara Broto Sanjoyoi Menjelaskan “ Walaupun Kita hidup di pedesaan bukan berarti tidak perlu menerapkan sikap sadar bencana dan tidak perlu menunggu bencana datang untuk belajar dan membiasakan bersikap tanggap darurat. Tidak panik adalah langkah utama ketika bencana terjadi dan sangat penting untuk memahami sikap serta tugas ketika terjadi bencana.” Jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD.Kab Ngawi .

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next