SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

Diskominfo Kembali Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplant Smartcity Tahap II Kabupaten Ngawi

11 Juli 2022 13:13:08  Harno wo  310 Kali Dibaca  Berita

karanggupito.desa.id-Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian kembali melaksanakan penyusunan masterplant Smartcity pada Senin(11/7/22). Seperti kegiatan sebelumnya, pelaksanaan penyusunan masterplant kali ini dilakukan di Kurnia Convention Center Jalan Ringroad Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Hadir Pada kesempatan kali ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi, perwakilan Kementerian Kominfo, narasumber, undangan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan undangan dari Penggiat TIK Desa.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi menyampaikan bila sarana yang diperlukan untuk menunjang Smartcity sebagian sudah ada. Namun, untuk pelaksanaan Smartcity masih diperlukan konsep sebagai dasar pelaksanaan.

"Elektroniknya sudah berjalan, sistemnya belum berjalan. Kita akan mengejar integrasi data. Untuk mengintegrasikan data itu perlu waktu dan konsep yang benar-benar tertata," terang Wahyu Sri Kuncoro Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi.

Selanjutnya, kepala dinas yang juga pernah menjabat sebagai Camat tersebut menyampaikan pentingnya sarana pendukung terlaksananya Smartcity. Sarana pendukung dimaksud tidak hanya sekedar perangkat ITE, namun juga mindset pelaksana Smartcity.

"Pelaksanaan Smartcity tidak hanya sebatas sarana-sarana dukungan dari ITE saja. Namun, perlu penanaman mindset kuat untuk pelaksanaannya," lanjut Wahyu.

Sementara, Andrari Grahitandaru M.Sc sebagai narasumber menyampaikan dasar-dasar Smartcity. Dikatakannya, bila Smartcity memiliki tiga prinsip yaitu inovasi, teknologi dan kolaborasi.

"Smartcity itu konsep pembangunan berkelanjutan, berdaya saing dengan menggunakan tiga prinsip. Yang pertama inovasi, kedua teknologi utamanya informasi dan komunikasi, yang ketiga adalah kolaborasi," terang Andrari Grahitandaru M.Sc.

Selanjutnya, Andrari Grahitandaru M.Sc juga menyampaikan tujuan dari Smartcity. Secara umum, Smartcity bertujuan memberikan layanan kepada masyarakat agar merasakan nyaman, mudah, sehat dan makmur.

"Jadi, tujuan Smartcity adalah memberikan layanan kepada masyarakat agar merasakan nyaman, mudah sehat dan makmur. Dan tentunya ini merupakan kewajiban pemerintah," lanjutnya.

Pada rencananya, Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplant Smartcity akan dilangsungkan selama 2 hari, mulai tanggal 11 Juli-12 Juli 2022.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

04 Januari 2023 | 6.661 Kali
SEJARAH PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia )
26 April 2023 | 1.513 Kali
Argo Munung Semakin Mempesona
15 Desember 2022 | 1.421 Kali
Pemasangan Kerun Sebagai Bentuk Pelestarian Adat Budaya Jawa Menjelang Pernikahan
29 Juli 2013 | 1.399 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 989 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
29 Juli 2013 | 874 Kali
Profil Desa
14 Desember 2022 | 742 Kali
Daftar Partai Politik Yang Lolos di Pemilu 2024

 Media Sosial

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com