SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA KARANGGUPITO KECAMATAN KENDAL KAB NGAWI . VISI DAN MISI DESA KARANGGUPITO SEBAGAI KAWASAN AGRO BISNIS DAN PERTANIAN ,PERKEBUNAN,PETERNAKAN WISATA DESA . MENUJU DESA SEJAHTERA RELIGIUS MANDIRI DAN BERBUDAYA

Artikel

Gandeng Forwebsa DPMD Kab Ngawi Gelar Bimtek Open SID Srigati.

19 Mei 2022 15:20:14  Harno wo  391 Kali Dibaca  Berita

Hari ketiga Kamis (19/5), Fasilitasi Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa Melalui Aplikasi Srigati (Sistem Informasi Desa Terintegrasi) oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi diikuti puluhan operator dari 5 kecamatan. Kecamatan-kecamatan tersebut meliputi Sine, Widodaren, Karanganyar, Mantingan dan Pitu.

Pada pelaksanaannya, materi tetap sama dengan hari sebelumnya. Materi-materi tersebut terkait pengelolaan Aplikasi Srigati maupun fitur-fitur yang ada di dalamnya, data kependudukan dan sistem kependudukan dan pedoman kejurnalistikan.

"Mewakili Pak Kadin, saya mengucapkan mohon maaf lahir batin karena ini masih bulan Syawal. Dan kita harapkan rekan-rekan operator nantinya konsentrasi memahami seluruh yang disampaikan pemateri, agar Aplikasi Srigati segera dioptimalkan di pemerintahan desa," terang Joko dari DPMD Kabupaten Ngawi.

Dalam pengelolaan informasi pada Aplikasi Srigati, DPMD menghadirkan narasumber dari jurnalis. Hal itu dimaksudkan sebagai tambahan wawasan operator Aplikasi Srigati dalam pengelolaan informasi berbasis jurnalistik. 

"Fasilitasi kali ini kita hadirkan narasumber dari wartawan profesional. Dan masih seperti kemarin, narasumbernya dari ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ngawi," Serta Forwebsa lanjut Joko.

Pada materi jurnalistik, narasumber menyampaikan pentingnya pemilihan berita. Hal tersebut berkaitan dengan status Aplikasi Srigati sebagai sarana informasi pemerintah bukan media umum.

"Dalam pemberitaan melalui Aplikasi Srigati, operator harus bisa membedakan dan memilah berita karena ini media pemerintah. Jadi, berita yang akan disampaikan ke publik itu tidak seperti berita yang ada di media umum. Jadi berita harus di filter agar benar-benar berdampak positif pada pembaca," terang Kundari Pri Susanti pemateri dari PWI Kabupaten Ngawi.

Sementara, pemateri dari Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ngawi menyampaikan sistem pengelolaan data terkait dengan penggunaan aplikasi SiAK maupun Web.portal. Ia berharap desa segera memanfaatkan aplikasi tersebut dengan mengajukan permohonan kerjasama ke Disdukcapil.

"Kita berharap desa-desa segera melaksanakan kebijakan pemerintah, tertib administrasi kependudukan melalui aplikasi. Bagi desa yang belum mengajukan kerjasama data dengan Disdukcapil untuk disegerakan, karena saat ini semua sudah serba digital, dan kita tidak boleh terlambat mengikutinya," terang Didik dari Disdukcapil Kabupaten Ngawi.

Selanjutnya, Didik menyampaikan bila dispendukcapil mulai tahun 2018 sudah tidak bisa lagi mengeluarkan data by name by address. Hal tersebut didasari surat larangan dari Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen.

"Mulai tahun 2018, kita tidak bisa mengeluarkan data kependudukan by name by address karena Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan surat larangan melalui Dirjen," lanjut Didik.

Sementara, sesi akhir fasilitasi  diisi dengan materi penyampaian materi pengelolaan Aplikasi Srigati. Narasumber diisi dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Ngawi. Serta dibantu oleh Admin Website yang Tergabung salam Forwebsa yang di Prakarsai oleh ARBANGI .

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

04 Januari 2023 | 6.980 Kali
SEJARAH PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia )
26 April 2023 | 1.603 Kali
Argo Munung Semakin Mempesona
15 Desember 2022 | 1.546 Kali
Pemasangan Kerun Sebagai Bentuk Pelestarian Adat Budaya Jawa Menjelang Pernikahan
29 Juli 2013 | 1.418 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 1.063 Kali
Sejarah Desa Karanggupito
29 Juli 2013 | 905 Kali
Profil Desa
09 Agustus 2022 | 767 Kali
Budaya Adat Toto Suro Desa Karanggupito Tahun 2022

 Media Sosial

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Nduwet, Karanggupito, Kec. Kendal, Kabupaten Ngawi
Desa : Karanggupito
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 03518511945
Email : karanggupito.ngawikab@gmail.com